Berita

KEGIATAN PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SLB NEGERI BANJARSARI WETAN

2023-01-04 09:58:15

Admin

Image

Senin (6/6),SLBN Banjarsari Wetan menjadi tuan rumah kegiatan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka bagi kepala sekolah dan guru PK-LK Kabupaten Madiun. Sebanyak 33 peserta (11 kepala sekolah dan 22 guru) hadir di ruang pertemuan SLBN Banjarsari Wetan guna mengikuti kegiatan implementasi kurikulum merdeka selama tiga hari dari tanggal 06 s/d 08 Juni 2022) yang diselenggarakan oleh MKKS PK-LK Kabupaten Madiun. Bapak Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Madiun, Supardi, S.H, M.Pd serta Bapak Pengawas PK-LK, Sidik Wirjanto, M.Pd dan Sugiyono, M.Pd turut hadir dan membuka kegiatan implementasi kurikulum merdeka PK-LK Kabupaten Madiun.


Handik Indarwati, M.Pd selaku ketua MKKS PK-LK Kabupaten Madiun menyampaikan bahwa karakteristik utama dari kurikulum merdeka adalah pembelajaran yang berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil Pelajar Pancasila. Oleh karena itu beliau mendatangkan narasumber yang berkopeten dalam bidang kurikulum merdeka, diantaranya adalah Septa Krisdiyanto, M.Pd guru SMKN 1 Mejayan, Zahrotul Fitri, S.Pd, guru SMKN 4 Madiun, Mustain, S.Pd guru SMAN 2 Madiun, M.Pd, Lestari cahyaningrum, S.Pd guru SMAN 4 Madiun dan Sulthan Abdul Hakim, S.Pd guru SMK Muh 3 Dolopo.


Karena kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang baru di PK-LK Kabupaten Madiun, maka peserta kegiatan pelatihan banyak yang menanyakan seputar kurikulum merdeka pada saat sesi penyampaian materi. inilah yang membuat kegiatan pelatihan implementasi kurikulum merdeka menjadi hidup.


Di hari terakhir kegiatan pelatihan implementasi kurikulum, peserta diwajibkan untuk menyusun modul ajar dan bahan ajar sesuai dengan kondisi di masing-masing lembaga. Setelah tiga hari para peserta kegiatan pelatihan mendapatkan materi-materi yang berhubungan dengan kurikulum merdeka baik dari paradigma, filosofi dan latar belakang kurikulum merdeka, cara penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP) dsb, kini para peserta kegiatan pelatihan dengan bimbingan narasumber belajar untuk menyusun modul ajar dan bahan ajar yang sesuai dengan kondisi peserta didik


Semoga dengan adanya pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka PK-LK Kabupaten Madiun di SLBN Banjarsari Wetan, guru dapat mengembangkan kemampuan serta kompetensi sesuai dengan mata pelajaran yang di ampu. Dengan begitu, kualitas pendidikan juga akan menjadi lebih baik dan sesuai dengan cita-cita pendidikan nasional, yang tak hanya untuk mencerdaskan peserta didik tapi juga mampu memberikan manfaat yang baik pula untuk guru.

Lokasi Sekolah

Alamat

Desa Banjarsari Wetan RT 6 RW 2 Kec. Dagangan Kabupaten Madiun

Email

slbnbanjarsariwetan@gmail.com

Nomor Telepon

081335343775

Managed By ABK Istimewa 2022.